Kiat Pengelolaan Bisnis Restoran Dalam Era Persaingan Yang Ketat

    Indonesia memiliki berbagai macam kuliner yang merupakan salah satu kekayaan budayanya. Banyaknya ragam kuliner menjadikan restoran sebagai salah satu bisinis yang sangat menjanjikan di negara ini. Dalam menjalankan bisnis restoran dibutuhkan kreativitas, kecerdasan bisnis, keterampilan melayani, serta menghibur para pelanggan yang datang ke restoran.

    Persaingan bisnis restoran yang sangat ketat di Indonesia membutuhkan konsep bsinis restoran yang unik dan tidak dimiliki restoran lain seperti: konsep layanan & desain bangunan, serta strategi pemasaran, manajemen karyawan, standar layanan prima, pengelolaan anggaran serta bantuan teknologi informasi dalam memonitor operasional dan kinerja bisnis.

Konsep Layanan, Desain Bangunan & Interior

    Tingginya persaingan dalam bisnis restoran, konsep yang unik sangatlah penting untuk dipikirkan secara matang. Restoran bisa saja memiliki menu yang sama dengan harga yang bersaing. Namun untuk menarik pelanggan perlu dibuatkan suatu konsep yang berbeda dengan pesaing yang ada. Salah satu pembedanya adalah konsep unik yang dapat memanjakan pelanggannya. Konsep unik tersebut dapat berupa konsep layanan, desain bangunan dan interior yang akan menjadikan restoran berbeda dari restoran lainnya serta dapat menarik pelanggan lebih banyak. Salah satu contoh konsep restoran unik yang ada di dunia adalah restoran dengan konsep rumah sakit. Suasana yang diberikan oleh restoran ini benar-benar seperti rumah sakit, baik itu desain, dekorasi, maupun aksesoris yang digunakan dalam menghidangkan makanan dan minumannya. Tidak hanya itu, pelayan juga mengenakan atribut rumah sakit sehingga pelanggan merasa seperti berada di rumah sakit. Konsep ini sangat unik sehingga banyak pelanggan berkunjung untuk menikmati konsep dan menu yang ditawarkan restoran tersebut. Adapula konsep unik berupa restoran yang mirip dengan penjara, atau restoran dengan suasana desa dan sebagainya. Masih banyak konsep unik yang dapat kita gali agar restoran kita dapat menjadi pembeda dan dapat dikenang oleh pelanggan sehingga mereka ingin berkunjung kembali.

Strategi Pemasaran

    Selain konsep unik yang telah dijabarkan sebelumnya, semuanya tidak akan berjalan dengan lancar dan baik apabila tidak ada strategi pemasaran yang baik. Dalam hal ini manajer sangat bertanggung jawab untuk mengembangkan pasar dan promosi restoran sehingga bisnis restoran dapat berjalan sukses dan berkembang pesat. Selain itu diperlukannya bantuan alat marketing berbasiskan teknologi seperti marketing berdasarkan jejaring, sosial media, dan solusi marketing lainnya yang tersedia di internet untuk menjadikan viral marketing dengan biaya yang lebih efisien dan kompetitif. Dengan pemilihan alat marketing yang baik akan mendukung pelaksanaan strategi pemasaran tepat sasaran.

Pengelolaan Karyawan

    Karyawan yang baik merupakan salah satu kunci sukses dalam pengelolaan restoran. Pengelolaan karyawan yang baik juga dibutuhkan agar bisnis restoran berjalan sukses. Lingkungan kerja yang positif dan motivasi dapat menjaga kinerja baik para karyawan. Selain itu diperlukan pelatihan kepada seluruh karyawan untuk menjaga maupun meningkatkan kulaitas performanya. Standar Layanan PrimaPelayanan yang baik pada sebuah restoran adalah apabila restoran tersebut menerapkan standar pelayanan yang benar dan konsisten, mulai dari pelanggan datang memasuki restoran, diantar ke meja makan, pengambilan pesanan, tata cara penghidangan yang benar dan tepat, perhatian selama tamu sedang makan, hingga pelanggan membayar dan meninggalkan restoran, bahkan beberapa restoran yang berdiri sendiri dan memiliki petugas security atau parking valet, mereka harus dilatih untuk memberikan sambutan dan layanan yang ramah ketika pelanggan datang, karena merekalah yang memberikan kesan pertama kepada pelanggan yang datang.

Pengelolaan Anggaran & Keuangan

    Agar bisnis restoran berjalan sukses dan menguntungkan dibutuhkan pengelolaan anggaran dan keuangan yang baik. Anggaran perlu dibuat dengan tepat dengan perencanaan pengeluaran yang terukur serta rencana pemasukan yang realistis agar bisnis restoran tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang layak. Semua produk layanan yang ditawarkan perlu dibuat dengan harga yang terjangkau yang sesuai dengan target konsumen yang telah diterapkan. Selain itu, monitoring terhadap pengeluaran harian diperlukan agar tidak terjadi kebocoran ataupun pengeluaran biaya tak terduga yang terlalu besar. Catatan yang akurat serta pengelolaan yang tepat dapat menjaga stabilitas keuntungan yang diperoleh dari bisnis restoran Anda.

Bantuan Teknologi Informasi

    Selain SDM yang ahli dalam mengelola operasional restoran dan pengelolaan anggaran serta keuangan diperlukan adanya dukungan teknologi informasi yang tepat, akurat dan real time .Hal ini diperlukan agar pemilik atau penanggung jawab pengelola restoran dapat memonitor kinerja restoran tersebut secara langsung, tanpa adanya jeda waktu. Sehingga apabila ada permasalahan dapat ditanggulangi secepatnya. Sofware pengelolaan restoran yang baik harus dapat mendukung operasional restoran secara efisien, serta dapat menyediakan data informasi operasional restoran yang tepat, akurat, dan real time, serta dapat diakses dari manapun dan kapanpun dibutuhkan pemiliknya.